6 Kesalahan saat Mendekorasi Apartemen Kecil

6 Kesalahan saat Mendekorasi Apartemen Kecil

Jakarta: Apartemen tipe studio menjadi salah satu tempat tinggal yang banyak dipilih kaum urban. Namun, apartemen tipe ini memiliki ukuran yang kecil, sehingga diperlukan kreativitas tinggi untuk mendekorasinya.

Memiliki ruang terbatas artinya setiap desain penting untuk diperhitungkan. Pilih furnitur yang multifungsi untuk mengefisiensikan setiap ruang di apartemen Anda.

Berikut ini beberapa kesalahan dekorasi di apartemen kecil yang perlu Anda hindari seperti dilansir dari Real Simple.

1. Memberlakukan apartemen seperti satu ruangan

Anda mungkin memberlakukan apartemen studio sebagai satu ruang terbuka yang besar, padahal Anda bisa menciptakan zona yang akan membantu memaksimalkan ruangan.
Menggunakan pembatas ruangan atau karpet bisa menggambarkan ruang Anda sehingga tidak perlu makan di tempat tidur lagi.

“Bagaimana Anda menggunakan ruang dan menata furnitur yang sesuai, pastikan untuk menentukan area hiburan, tidur, dan bekerja dari rumah,” kata desainer interior Heather Hilliard.

Anda bisa memilih sofa yang bisa ditarik keluar ketika Anda membutuhkan tempat duduk tambahan untuk tamu. Coba untuk memasukkan furnitur yang dapat memiliki lebih dari satu fungsi.

2. Menggantung tirai terlalu rendah

Tirai yang ditempatkan dengan benar dapat mengubah ruangan kecil. Saat menggantung gorden, pasang batang gorden setinggi mungkin di dinding. “Semakin dekat ke langit-langit, semakin baik,” kata desain interior James Wheeler.

“Ini menarik perhatian mata ke arah atas, membuat jendela terlihat lebih besar. Saya suka menggunakan perangkat keras yang bisa dipasang langsung ke langit-langit. Anda sebaiknya memilih gorden yang menjangkau sampai lantai”.

3. Membeli furnitur yang salah

Kesalahan terbesar di studio apartemen atau ruang kecil adalah pemilik rumah menggunakan skala furnitur yang salah di ruang mereka.

“Menggunakan furnitur yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat merusak ruangan, pada akhirnya membuatnya tampak lebih kecil dari pada yang sebenarnya,” kata desainer interior Abbe Fenimore.

Pada catatan yang sama, hindari penggunaan furnitur yang memenuhi ruangan. Setelah ruang tamu kecil menjadi lebih populer, banyak jenis perabotan yang memiliki dua fungsi -menawarkan penyimpanan ekstra atau melipat untuk menjadi ringkas.

4. Takut dengan motif

Anda juga bisa berpetualang di ruang kecil. Bahkan bereksperimen dengan warna dan pola yang berbeda dapat mempercantik ruangan.

“Pertimbangkan untuk memasang wallpaper dengan kertas bermotif yang dramatis untuk menciptakan desain yang menarik. Apartemen Anda akan terasa jauh lebih besar,” kata desainer interior Young Huh.

5. Mencoba membuat aksen dinding

Apartemen studio Anda akan terasa lebih menyatu jika dindingnya di cat satu warna, atau ditempeli wallpaper dengan desain yang sama. Saya cenderung mengecat ruang kecil dengan satu warna, sehingga tidak merusak aliran.

“Bukan untuk mengatakan dinding aksen tidak dapat dicapai, tetapi ini lebih baik disajikan di ruang yang lebih besar, di belakang tempat tidur, atau di pintu masuk. Karena apartemen studio adalah satu ruangan, yang terbaik adalah menjaga semuanya benar-benar bersih dan sederhana. Ini akan membuat lebih mudah untuk melapisi warna dan tekstur di setiap daerah area individu,” kata Fenimore.

Jika Anda ingin menambahkan sesuatu yang menarik ke dinding, mengapa tidak mencoba seni? “Daripada dinding aksen, saya lebih memilih dinding galeri dengan campuran karya seni berbingkai atau cetakan untuk menambah kepribadian dan minat,” ujar desainer interior Wendy Labrum.

6. Dekorasi dengan potongan aksen yang gagal

Terlalu banyak aksesoris bisa membuat apartemen kecil Anda terkesan berantakkan, tetapi dengan terlalu sedikit, akan terlihat jarang.

Dengan potongan aksen yang Anda pilih, tentukan yang akan menciptakan ilusi lebih banyak ruang. Menggabungkan karya seni yang lebih tinggi dan besar disebuah ruangan kecil akan membuat dinding lebih tinggi, dan ruangan menjadi terbuka. Cermin akan memberikan trik juga pada mata.

“Menggunakan cermin untuk menciptakan ilusi ruang dan untuk memantulkan cahaya -ini adalah trik lama dalam buku,” kata interior desainer Jason Grant. (Tamara Pramesti Adha Cahyani)

 

Follow Us on
https://www.facebook.com/profile.php?id=100087315826004
https://www.instagram.com/megamandiriproperti/

https://www.tiktok.com/@megamandiriproper?lang=id-ID
https://www.youtube.com/channel/UC7YoUV_cvJPCXTOZvqWqp0A
#rumahmurah #jualrumah #rumahditangerangselatan #rumahminimalis #rumahminimalismodern #rumah #megamandiriproperty #rumahdialamsutera #alamsutera #bsd #tangselinfo #infotangsel #rumahtangsel #jualrumahmurah #rumahdimelatimas #rumahdibsd #tipssewarumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?
Butuh bantuan?