Cara Menentukan Harga Sewa Rumah dan Properti Lainnya

Cara Menentukan Harga Sewa Rumah dan

Properti Lainnya

Cara Menentukan Harga Sewa Rumah dan Properti Lainnya

Salah satu keuntungan dari investasi properti adalah dengan menyewakannya. Ketika Anda menentukan harga sewa, Anda harus memikirkan sisi dari penyewa (tenants) dan harga pasar. Dalam mencapai hal ini memang bukan perkara mudah, namun dengan sebuah langkah strategi yang tepat, maka Anda bisa menentukan harga sewa yang pas dan saling menguntungkan bagi Anda dan tenant Anda. Properti yang akan disewakan tidak akan laku jika dipatok dengan harga terlalu tinggi. Di sisi lain, Anda sebagai investor juga akan rugi jika mematok harga sewa terlalu rendah. Bagi Anda yang masih bingung menentukan harga sewa rumah, berikut adalah cara menentukan harga sewa rumah dan properti lainnya agar properti Anda dapat tersewa dengan lebih cepat.

Mengetahui Harga Pasaran

Hal termudah yang dapat dilakukan untuk menentukan harga sewa rumah adalah melihat harga pasaran yang berlaku di sekitar lokasi rumah. Selidiki harga pasaran untuk properti yang ingin Anda sewakan, kenali kelebihan dan kekurangannya. Padukan semuanya untuk merumuskan harga sewa rumah ataupun properti Anda. Ingat, tidak akan ada calon penyewa rumah yang akan senang dengan harga sewa yang terlalu mahal

Pertimbangkan Lokasi dan Lingkungan Rumah

Lokasi menjadi salah satu faktor yang sangat penting ketika menentukan harga sewa rumah. Lokasi yang strategis dan dikelilingi oleh fasilitas publik yang lengkap tentunya akan membuat harga sewa rumah lebih mahal jika dibandingkan dengan yang tidak berada di lokasi yang strategis. Tentu sangat wajar jika properti yang memiliki lokasi strategis memiliki harga sewa yang lebih mahal jika dibandingkan dengan properti yang memiliki lokasi yang jauh dari akses jalan dan fasilitas umum lainnya.

Faktor-faktor lain seputar kondisi sekitar rumah seperti lingkungan yang tenang, nyaman, sehat dan tetangga yang ramah atau sebaliknya juga bisa menjadi acuan penentuan harga sewa untuk properti Anda

Pertimbangkan Biaya Keluar dan Pemasukan

Ketika menentukan harga sewa rumah, jangan lupa juga untuk memperhatikan biaya pengeluaran, seperti biaya perawatan dan lain-lain. Jangan sampai pengeluaran untuk perawatan dan lain-lain lebih mahal dengan pemasukan dari sewa properti yang Anda terima.

Ketahui Siapa Calon Penyewa Rumah Anda

Hal ini juga penting, karena sangat berpengaruh dengan kesiapan keuangan calon penyewa, seberapa antusiasnya keperluan/keinginan mereka dalam menyewa, masa sewa dari rumah/properti Anda serta cara penggunaan rumah Anda yang akan berdampak kepada kondisi rumah sewa Anda. Sebagai contoh: jika penyewanya adalah ekspatriat, biasanya rumah akan disewa dalam jangka waktu lebih panjang, antara dua hingga lima tahun.

Menentukan Harga Sewa Rumah dengan Menghitung Cap Rate Properti Anda

Jangan lupa, dalam menentukan harga sewa properti Anda, maka Anda harus memperhitungkan dan mempertimbangkan cap rate, atau tingkat kapitalisasi properti Anda. Perhitungan ini dapat dilakukan dengan cara membagi penghasilan operasional bersih dibagi dengan harga pembelian. Secara umum, ada juga cara mudah untuk menghitung kisaran cap rate yang berlaku berdasarkan jenis propertinya. Berikut ini adalah panduannya:

  1. Lahan kosong: 0,5%-2%
  2. Rumah: 3%-5%
  3. Ruko dan Rukan: 6%-9%
  4. Kios dan toko: 5%-10%
  5. Apartemen dan kondominium: 7%-12%

Dari panduan cap rate tersebut, maka Anda bisa menentukan tarif sewa properti per tahun dengan rumus berikut ini:

Tarif sewa (rupiah/tahun) = Nilai Properti (rupiah) x Capitalization Rate (%)

Contoh: jika apartemen Anda memiliki harga Rp 5 miliar dengan capitalization rate 7%-12%, harga sewanya adalah: 7% x Rp 5 miliar = Rp 350 juta/tahun atau sekitar Rp 29 juta/bulan.

Jika rumah Anda seharga Rp 7 miliar dengan capitalization rate 3%-5%, harga sewanya adalah: Rp 210 juta per tahun, atau sekitar Rp 17,5 juta per bulan.

Rumah degan harga Rp. 500 juta dengan capitalization rate sebesar 5%, maka harga sewanya adalah: 5% x Rp500 Juta = Rp25 juta/tahun atau sekitar Rp2 juta/bulan.

Setahun kemudian, bila keadaan ekonomi stabil, harga sewa bisa dinaikkan sekitar 10% – 15%, tergantung pada kondisi lingkungan rumah tersebut berada. Jika di kawasan tersebut tidak banyak rumah yang kosong, maka kenaikan nilai sewa bisa mencapai 15% per tahun.

Demikianlah beberapa tips dalam menentukan harga sewa rumah dan properti Anda yang dapat Anda jadikan panduan dalam menentukan harga sewa rumah/properti Anda

Follow Us on
https://www.facebook.com/profile.php?id=100087315826004
https://www.instagram.com/megamandiriproperti/

https://www.tiktok.com/@megamandiriproper?lang=id-ID
https://www.youtube.com/channel/UC7YoUV_cvJPCXTOZvqWqp0A
#rumahmurah #jualrumah #rumahditangerangselatan #rumahminimalis #rumahminimalismodern #rumah #megamandiriproperty #rumahdialamsutera #alamsutera #bsd #tangselinfo #infotangsel #rumahtangsel #jualrumahmurah #rumahdimelatimas #rumahdibsd #tipssewarumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?
Butuh bantuan?